Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Backlink Dofollow

Apabila Anda memiliki sebuah blog atau website, pastinya memiliki keinginan untuk mengembangkannya. Dan terdapat banyak cara untuk melakukannya, walaupun semuanya tidaklah singkat. Akan tetapi, sangat efektif dalam menunjang kualitas serta peringkat situs milik Anda. Salah satunya yaitu dengan mempunyai sesuatu yang dinamakan dengan Backlink.

Cara Mendapatkan Backlink Dofollow

Apa itu Backlink?

Backlink adalah sebutan untuk sebuah link, yang tertanam pada situs orang lain dan mengarah ke website atau blog kita. Didalam dunia internet, istilah dalam pembangunan backlink disebut dengan Link Building. Hal terpenting lainnya yang harus Anda ketahui adalah, bahwa backlink memiliki dua jenis yaitu, Dofollow dan Nofollow.

Apa perbedaan Dofollow dan Nofollow? Ketika mesin pencarian seperti Google melakukan crawling, akan mengetahui jenis link yang telah Anda buat. Ketika Google mendeteksi jenis link tersebut, secara otomatis Anda memberikan sebuah sinyal kepada Google, jika dofollow yang berarti Google akan mengikuti tautan tersebut dan jika nofollow, maka Google tidak akan mengikuti tautan tersebut dan mengabaikannya.

Karena alasan tersebutlah, jenis backlink dofollow lebih sering dicari oleh banyak orang. Itu bukan berarti nofollow tidak penting untuk sebuah situs, akan tetapi juga memiliki perannya tersendiri untuk situs Anda. Diantaranya adalah Menjaga Kualitas SEO, Menstabilkan Link dan Meminimalisir Spam Comment.

Cara Mendapatkan Backlink Dofollow

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk bisa mendapatkan backlink dofollow dengan kualitas yang tinggi. Untuk itu Anda perlu menggunakan bantuan sebuah tools dari Moz, karena dapat mengukur berapa nilai DA PA situs tersebut. Semakin tinggi angka yang didapatkan blog/website target Anda, maka kualitas dari backlink yang nantinya Anda dapatkan akan semakin baik.
  • Membuat Konten Yang Berkualitas
Hal yang paling berpengaruh dalam mendapatkan backlink tentu saja sebuah konten. Sebab banyak orang yang membutuhkan sebuah rujukan konten untuk menyempurnakan artikel mereka. Dan tentu saja Anda harus membuat Lengkap, Solutif, Seo Friendly serta Unik.
  • Lakukan Guest Post
Guest Post adalah ketika Anda membuat sebuah konten/artikel, yang akan dipublikasikan pada blog atau website orang lain dengan imbalan sebuah backlink. Sebelum melakukan hal ini, Anda perlu memastikan bahwa target situs yang akan Anda lakukan Guest Post, memiliki Authority dan Traffic yang cukup besar.

Selain Authority dan Traffic, Anda juga harus memperhatikan nilai spam score yang dimiliki situs tersebut. Untuk membantu Anda silahkan gunakan tools gratis seperti Moz, SimilarWeb, Ubersugest, Ahrefs, Alexa dan SEMrush.
  • Content Sharing Platform
Banyak content sharing platform yang bias Anda gunakan untuk mendapatkan sebuah backlink berkualitas tinggi dan gratis. Berikut daftar platform yang bias Anda gunakan:
  1. Medium: DA95 PA83 Spam Score 3
  2. Kompasiana: DA80 PA66 Spam Score 1
  3. Hipwee: DA57 PA61 Spam Score 2
  4. Kaskus: DA76 PA66 Spam Score 1
  5. Reddit: DA91 PA91 Spam Score 2
  6. SlideShare: DA95 PA86 Spam Score 1 m
  7. VIVA Blog: DA90 PA64 Spam Score 2
Itu merupakan sedikit daftar situs dengan Authority tinggi yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan sebuah backlink secara gratis. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menulis sebuah artikel lalu Anda publikasikan pada situs tersebut dan masukkan link milik Anda didalamnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Backlink Dofollow"