Widget HTML #1

Cara Reset HP Samsung dan Yang Lainnya

Apabila smartphone sering digunakan pastinya akan terdapat masalah pada sistemnya, mulai dari Lemot, Terkena Virus, Eror dan lain-lain. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya tidaklah sulit, dan tidak perlu untuk membawa HP Anda ke tukang service. Cukup melakukan yang namanya Factory Data Reset, semua masalah pada smartphone Anda akan teratasi.

Cara Reset HP Samsung
Pixabay Images by Pexels

Apa itu Factory Data Reset?

Factory Data Reset adalah sebuah pengaturan pada smartphone untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada handphone. Dengan cara menghapus semua data yang terdapat pada HP termasuk Aplikasi, File, Photo, Video, Memo, Kontak, Pengaturan dan yang lain-lainnya. Fitur ini akan membuat smartphone terasa seperti baru lagi, walau Anda harus merelakan beberapa hilang hal untuk dapat menggunakannya.

Sebenarnya fitur ini merupakan pilihan terakhir untuk memperbaiki sebuah HP, karena beberapa masalah yang terjadi didalam sistem, dapat diperbaiki dengan mematikan dan menyalakan daya pada smartphone. Apabila hal tersebut tidak dapat mengatasi masalah pada HP Anda, maka Factory Data Reset merupakan pilihan yang harus diambil.

Cara Reset HP

Note: Pada Android 8.1 atau yang lebih baru, Google telah menerapkan sistem keamanan yang dinamakan Factory Reset Protectiton (FRP). Untuk mencegah orang lain yang bukan pemilik ponsel menggunakannya, ketika orang tersebut melakukan Factory Data Reset pada smartphone. Untuk melewati fitur ini, pastikan bahwa Anda mencatat nama email dan password yang Anda gunakan pada smartphone.

Sebelum melakukan Factory Data Reset, pastikan bahwa battray smartphone dalam keadaan mencukupi untuk proses reseting.

Reset HP Melalui Pengaturan

Letak menu Factory Data Reset pada smartphone berbeda-beda, dan untuk mempermudah Anda dalam menemukannya, ketikan kata kunci Setelan Pabrik pada fitur pencarian di pengaturan. Jika sudah ketemu, lalu tekan.
 
Reset HP Melalui Recovery Mode

Untuk masuk ke menu Rocovery, matikan daya pada smartphone terlebih dahulu. Apabila HP sudah masuk dalam Menu Recovery, gunakan tombol volume dan power untuk menavigasi smartphone.
  • Tekan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan, tahan sampai HP bergetar.
  • Pilih menu Wipe Data/Factory Reset
  • Apabila proses penghapusan data sudah selesei, lalu pilih menu Reboot System.
Jika Anda sudah selesei melakukan reset, langkah selanjutnya adalah memulai untuk menyiapkan ponsel supaya dapat digunakan.
  • Memulai Menyiapkan Ponsel
Tekan tombol Mulai untuk menyiapkan ponsel Anda. Dalam menu halaman pertama ini, Anda bisa memilih bahasa yang Anda sukai dan kuasai untuk mempermudah proses penyiapan ponsel.
  • Kebijakan Privasi
Biasanya Anda sebelum memulai menyiapkan ponsel, Anda harus menyetujui Kebijakan Privasi yang telah ditetapkan dengan cara mencentang pilihan tersebut dan klik Berikutnya. Apabila tidak ada pilihan seperti ini, Anda akan dibawa ke menu selanjutnya. Karena setiap smartphone memiliki tampilan dan fitur yang berbeda.
  • Pilih Jaringan Wi-Fi
Disini Anda disuruh untuk menghubungkan ponsel ke jaringan wifi, karena ada beberapa pengaturan yang harus menggunakan internet agar dapat diseleseikan. Apabila Anda tidak memiliki jaringan wifi, Anda bisa menggunakan paket data. Jika keduanya tidak Anda miliki, terdapat menu Lewati untuk melanjutkan.
  • Login Akun Google
Berbeda dengan memulai menyiapkan ponsel untuk pertama kali, Anda dapat memasukkan email apapun atau membuat yang baru jika tidak memiliki email satupun. Karena ponsel milik Anda sudah pernah login dengan email, Anda tidak dapat menggunakan email lain, dan wajib masuk dengan email yang sebelumnya di pakai pada ponsel.

Apabila tidak memasukkan email yang sama, maka sistem akan mendeteksi bahwa Anda bukanlah pemilik ponsel tersebut. Itu merupakan fitur keamanan Factory Reset Protection (FRP) yang sudah dibahas diatas. Cara satu-satunya untuk menonatifkan fitur ini adalah dengan melakukan Bypass pada smartphone.
  • Salin Aplikasi & Data
Hal ini dapat memungkinkan Anda untuk melakukan transter Aplikasi, Foto, Kontak, Akun Google dan yang lain-lainnya. Bila ingin melakukan transfer klik Berikutnya, dan jika tidak, Anda bisa klik Jangan Salin atau Lewati.
  • Opsi Lain-lainnya
Setelah melakukan beberapa hal tersebut, untuk opsi lainnya bisa Anda lakukan dengan mudah. Sebab di setiap ponsel memiliki menu opsi yang berbeda-beda. Setelah melakukan beberapa penyetelan, maka HP akan siap untuk digunakan.

Posting Komentar untuk "Cara Reset HP Samsung dan Yang Lainnya"