Widget HTML #1

Cara Custom Domain Blogspot

Blogspot merupakan pilihan terbaik bagi seorang pemula, untuk memulai usaha mereka dari awal. Karena platform ini memiliki fitur yang sederhana, sehingga mudah dioperasikan oleh orang awam. Terlebih lagi, Goolge telah memberikan semua layanan tersebut secara gratis. Sudah banyak juga pemilik website besar mengawali karirnya dengan menggunakan Blogger.

Akan tetapi, alamat dari blog yang digunakan masih menggunakan domain bawaan platform. Yang dimana hal ini, dapat mengurangi nilai SEO untuk situs Anda. Maka sangatlah penting bagi pengguna domain gratis untuk melakukan Custom Domain. Artikel ini berisikan panduan bagaimana cara untuk mengganti domain gratisan menjadi Domain TLD.

Top Level Domain
Pixabay Images by JanBaby

Alasan Harus Melakukan Custom Domain

Sebenarnya tidak apa-apa menggunakan domain gratisan sebagai alamat sebuah situs. Karena Anda masih bisa mendaftarkan blog ke Google AdSense, dan mendapatkan penghasilan. Meskipun benar, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu, beberapa alasan kenapa harus melakukan custom domain.
  • Tidak Bisa Berpindah Platform: Penyedia layanan pembuatan sebuah situs, bukan hanya blogger saja. Jika suatu hari Anda, memiliki keinginan untuk berpindah platform seperti WordPress, domain yang digunakan tidak akan bisa dipindahkan ke platform lain. Apa bila situs Anda, sudah memiliki banyak pengunjung dan berganti platform, maka Anda harus rela untuk kehilangan visitor yang sudah dimiliki.
  • Kalah di Search Engine: Kebanyakan orang-orang menemukan blog kita dengan mengetikan sebuah kata kunci di mesin pencarian, sebuah situs yang menggunakan domain dari platform kemungkinan besar tidak akan muncul di hasil pencarian. Jadi akan sangat sulit bersaing dengan website yang menggunakan custom domain.
  • Tidak Profesional: Menjalankan sebuah usaha tentunya harus bisa mendapatkan kepercayaan dari semua orang, untuk bisa mengembangkan situs. Biasanya sesame pemilik situs bekerja sama dengan saling tukar backlink agar blog bisa berkembang. Hal tersebut akan sulit dilakukan jika menggunakan domain gratisan karena akan terkesan tidak professional dalam menjalankan usaha.
  • Tidak Bisa Memilih Domain: Terdapat 1495 jenis domain yang bisa digunakan untuk website. Dan pemilik situs memilih jenis domain berdasarkan niche dari situs tersebut. Sedangkan jika Anda menggunakan versi gratis, tidak bsa memilih sesuai keinginan.
  • Tidak Bisa Menggunakan Subdomain: Hal ini juga merupakan bagian penting dari SEO, subdomain adalah bagian awal yang biasanya menggunakan www. Itu bisa Anda ganti sesuai dengan keinginan, seperti Blog, Store, Site, Web dan masih banyak lagi.
  • Mendaftarkan Ulang ke AdSense: Google AdSense tidak menerima sebuah situs berdasarkan dari domain yang digunakan. Pendaftaran AdSense hanya bisa menggunakan satu domain, jika melakukan bergantian domain saat situs sudah diterima, Anda harus mendaftarkan ulang dengan domain baru tersebut.
  • Customer Service Support: Keuntungan menggunakan domain tld untuk situs, bisa medapatkan bantuan dari layanan yang Anda gunakan untuk pembelian. Setiap memiliki masalah dengan blog, Anda bisa minta bantuan untuk mengatasi masalah yang dialami.

Cara Melakukan Custom Domain

Panduan melakukan Custom Domain berikut menggunakan panel layanan dari Nigahoster, yang terdapat dua cara yaitu manual dan otomatis. Jika Anda tidak melakukan pembelian domain pada layanan tersebut bisa menggunakan cara yang manual. Cara tetap sama meskipun tata letak dan tombol berbeda.
  • Manual
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan Record Cname pada domain.
  1. Masuk ke member area Niagahoster.
  2. Klik menu Domain dan pilih domain yang ingin digunakan, lalu klik Kelola Domain.
  3. Anda akan diberikan pilihan untuk mengelola domain, pilihlah menu DNS Management.
  4. Untuk penambahan record pada domain, klik Add Record.
  5. Setelah itu akan muncul tampilan untuk menambahkan record pada domain, kolom pertama Record Type pilih CNAME. Kolom kedua Sub Domain isikan dengan www, dan pada kolom ketiga yaitu Hostname isikan ghs.google.com. Kolom keempat yaitu TTL bisa Anda biarkan kosong atau isi dengan 14400, jika sudah klik Save Record.
Langkah selanjutnya yaitu yang kedua adalah menghubungkan domain milik Anda ke Server Google. Untuk melakukannya, Anda perlu sekali lagi menambahkan record pada domain. Kali ini pada Record Type Anda pilih A Record, masukkan IP Address dibawah ini satu per satu pada kolom Hostname.
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Pada Langkah ketiga tidak perlu melakukan apapun, karena Anda harus menunggu proses penghubungan domain ke Server Google selesei. Proses tersebut membutuhkan waktu yang tidak tentu, Anda bisa untuk melihat proses tersebut sudah selesei atau belum melalui DNS Checker. Jika tampilan domain Anda sudah seperti gambar dibawah, berarti proses penghubungan sudah selesei.
DNS Checker
Note: langsung menuju langkah keempat tanpa melakukan Langkah ketiga dapat menyebabkan ke eroran di HTTPS blog Anda. Jika hal tersebut terjadi, situs tidak akan memiliki keamaan yang baik.

Langkah terakhir adalah melakukan custom domain pada blog. Untuk melakukan pemasangan domain ke blog, buka panel DNS Management Niagahoster terlebih dahulu, lalu buka new tap di browser Anda untuk log in di blogger supaya mempermudah Anda melakukan proses penghubungan.
  1. Klik menu Settings/Setelan sebelah kiri bawah yang ada di blog.
  2. Scroll ke bawah dan cari yang namanya Custom Domain dan klik.
  3. Masukkan domain dengan lengkap menggunakan www, sebagai contoh www.example.com. Jika suda klik Save/Simpan.
  4. Anda akan diberikan sebuah pesan dari blogger, untuk membuat sebuah CNAME baru. Terdapat dua kode yang harus Anda masukan yaitu Name dan Destination.
  5. Buka panel DNS Management, dan buat New Record untuk CNAME. Pada kolom Sub Domain isikan kode Name, untuk kolom Hostname masukan kode Destination. Jika sudah silahkan klik Save.
  6. Buka tap di browser yang terdapat Setting/Setelan Blogger lalu klik Save/Simpan.
Note: Jika sudah berhasil melakukan Custom Domain, Anda perlu mengalihkan HTTP ke HTTPS. Ini dilakukan untuk mengamankan blog Anda.
  • Otomatis
Niagahoster menyediakan fitur yang dinamakan dengan One Click Blogspot Integraton untuk membantu pelanggan melakukan Custom Domain dengan mudah.
  1. Anda bisa langsung memulainya dengan memasang domain di blogger untuk mendapatkan kode CNAME.
  2. Masuk ke panel DNS Management dan pilih tombol Blogspot.
  3. Akan muncul sebuah Pop-Up yang berisi dua kolom Domain dan Value. Pada kolom Domain isikan CNAME Name, untuk Value isikan Destination. Setelah itu klik tombol Save Record.
  4. Setelah itu kembali ke Blogger dan klik Save/Simpan.
Note: Sama seperti cara yang manual Anda perlu menyalakan ketersediaan HTTPS pada blog.

Penutup

Jika Anda mengalami masalah dalam pemasangan bisa menghubungi Customer Service Niagahoster atau penyedia domain lain yang Anda gunakan. Jika Anda melakukan pembelian domain di Niagahoster melalui link yang saya berikan, Anda bisa mendapatkan diskon dengan memasukkan kode berikut;

Link: Beli Domain
Kode Diskon: wondlif

Posting Komentar untuk "Cara Custom Domain Blogspot"