Widget HTML #1

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Sebagai seorang penulis, pastinya dituntut untuk memberikan sebuah tulisan yang bagus agar pembaca bisa menikmatinya. Terlebih lagi bagi pemilik situs, harus memiliki konten berkualitas tinggi supaya dapat menarik pengunjung serta meningkatkan peringkat website di Google Search Engine. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat artikel SEO Friendly.

Saya akan membagikan pengalaman selama menjadi Content Writer, seperti apa artikel seo friendly serta cara pembuatannya. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui tentang Google Algoritme. Ini bertujuan agar memahami tentang artikel yang sangat disukai oleh Google. Sistem penilaian pada SERP juga terus dikembangkan, penting untuk selalu terupdate dengan pembaruan.

Artikel SEO Friendly
Pixabay Images by StockSnap

Artikel SEO Friendly

Artikel SEO Friendly adalah sebuah artikel dengan membuatan berdasarkan tehnik yang bernama Search Engine Optimization (SEO). Dimana hal ini dapat membantu mesin pencari mengenali, serta memahami isi dari artikel Anda dengan cepat. Ketika seseorang mencari sesuatu menggunakan internet, maka Google akan merekomendasikan kepada pengguna sebuah artikel yang seo friendly sesuai dengan keyword yang digunakan.

Untuk proses pembuatan, saya menyarankan menggunakan Microsoft Word atau Notepad. Karena hal ini dapat memudahkan Anda, dalam penulisan serta pengeditan kata didalam artikel sebelum dipublikasikan. Jika ingin melakukan pengecekan Plagiarisme, Anda tidak harus menulis ulang pada tools dan hanya perlu mengupload file data saja.

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Berikut adalah cara yang saya ketahui untuk membuat artikel seo friendly:

1. Judul Artikel

Membuat sebuah judul untuk artikel tidak boleh asal-asalan, Anda harus melakukan yang namanya Riset Keyword. Ini dilakukan untuk mengetahui berapa nilai dari kata kunci tersebut di mesin pencarian, apakah bagus atau buruk. Agar dapat membantu proses pengecekan, Anda bisa menggunakan salah satu Tools yang ada dibawah ini:
  • Google Search
  • Google Trends
  • Ubersugest
  • KWFinder
  • MOZ
  • SEMrush
  • Keyword Shitter
Note: Beberapa tools tersebut ada yang prabayar. Akan tetapi, terdapat fitur gratis yang dapat digunakan beberapa kali dalam satu hari, yang saya rasa itu cukup untuk membuat satu artikel dalam sehari.

Setelah menemukan kata kunci yang tepat untuk konten Anda, pastikan berapa pesaing Anda pada Google Search Engine. Jika sudah banyak orang yang menggunakannya, artikel Anda harus memiliki kualitas yang lebih baik dari kompetitor untuk bisa menang bersaing dan berada di posisi page one. Berikut contoh kata kunci dengan persaingan rendah dan tinggi.

wondlif.com
Persaingan Super Rendah

google.com
Persaingan Super Tinggi

2. Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan hal yang penting, karena Anda harus bisa membuat pengunjung tertarik untuk melanjutkan keiginannya. Sama seperti kita berjualan kepada konsumen, buat mereka ingin membeli apa yang ditawarkan. Usahakan juga menempatkan keyword pada pembukaan supaya bisa membantu Google merekomendasikan artikel ke pembaca di mesin pencarian

3. Subjudul

Heading 2 dimana penjelasan mengenai isi dari artikel, Anda bisa menggunakan kata kunci sebagai judul. Jangan membuat penjelasan yang susah dipahami oleh audiens, buat dengan bahasa yang baik dan ringan untuk dibaca. Biasanya pembaca lebih suka langsung ke inti dari artikel, dari pada memahami isi subjudul.

4. Point-point

Ini merupakan inti dari artikel, yang berisikan pembahasan penting. Buat sebaik-baiknya serta bermanfaat dengan begitu, konten Anda akan diberikan fitur Google Snippet di mesin pencarian. Isikan informasi yang seakurat mungkin serta lengkap, sebab ini merupakan bagian paling penting dari artikel. Maksimalkan isi dengan menggunakan fitur yang telah disediakan oleh blogger.

5. Pengecekan Plagiarisme

Melakukan copyright tentang apapun sangat tidak diperbolehkan, meskipun tidak memiliki niat sedikitpun untuk melakukan plagiat, terkadang ada beberapa kata yang dibuat mempunyai persamaan seperti orang lain. Hal tersebut dapat mengurangi nillai SEO pada konten, karena itu penting untuk pengecekan sebelum dipublikasikan. Berikut tools yang bisa Anda gunakan untuk pengecekan plagiarisme:
  1. Copyscape
  2. Small SEO Tool
  3. Quetext
  4. Plagium
  5. Dustball
  6. Dupli Checker
  7. Plagiarisma
  8. Grammarly
  9. PlagiarismChecker.com
  10. Plagiarism Detector
Note: Usahakan melakukan perbaikan kata jika terdapat plagirismes, lakukan terus sampai artikel menjadi 100% unik.

6. Optimasi Internal Link dan External Link

Tambahkan juga sebuah tautan link pada artikel, dengan topik pembahasan yang sama agar konten Anda menjadi sempurna. Buatlah Internal Link dan External Link yang bagus agar tidak mengganggu pengunjung saat membaca. Buat link secukupnya saja, jika berlebihan itu akan dianggap oleh mesin pencarian sebagai spam.

Pastikan agar Anda menggunakan Link Dofollow dalam pembuatannya, sebab jika memakai jenis tersebut itu berarti Anda mengizinkan Google untuk mengikuti link yang Anda buat. Apabila jika Anda memakai link Nofollow, maka Google akan mengabaikan link tersebut. Untuk membuatnya sangat mudah, Anda cukup centang Buka link ini di jendela baru lalu Terapkan.

7. Menambahkan Gambar

Sebuah informasi yang hanya berisikan text saja, sangatlah tidak menarik bagi kebanyakan orang. Penting menambahkan sebuah gambar sebagai pelengkap konten. Terlebih lagi, jika artikel Anda berisikan tentang tutorial, hal itu akan membantu pengunjung memahami isi dari konten dengan mudah. Usahakan supaya tidak menggunakan images yang terdapat copyright. Anda bisa memakai screenshot atau situs penyedia gambar gratis berikut:
  • Pixabay
  • Pexels
  • Unsplash
  • Flickr
  • Reshot
  • Burst
  • FreeImages
  • Freerange Stock
  • PikWizard
  • Gratisography
  • Picjumbo
  • Kaboompics
  • Morguefiles
  • Stockvault
  • Librestock
Anda juga perlu untuk mengoptimalkan gambar dengan cara menambahkan Alt Text dan Title Text, hal ini berguna suapaya saat bot melakukan crawling mengetahui tentang isi dari gambar tersebut. Agar kualitas SEO konten Anda maksimal, usahakan atl text dan juga title text mengandung keyword yang ditargetkan.

Note: Kompres ukuran file gambar sebelum diupload sekitar 100kb, supaya proses loading gambar tidak memakan waktu lama. Perhatikan juga ukuran gambar yang ditampilkan pada konten, supaya tampilan artikel tidak rusak. Saya menyarankan untuk memakai ukuran Sedang pada gambar.

8. Optimasi Permalink

Permalink dibuat secara otomatis oleh blogger berdasarkan keyword yang digunakan pada artikel. Tetapi kata kunci biasanya di tambahkan angka atau beberapa kata, supaya dapat menarik perhatian audiens di Search Engine. Anda perlu melakukan optimasi pada link, agar tidak mengurangi nilai SEO pada konten.

Rubahlah Permalink Otomatis menjadi Permalink Khusus, Anda bisa menggunakan kata kunci artikel untuk permalink. Gunakan tanda ( - ) untuk memisahkan kata dari keyword tersebut. Sebagai contoh, kata kunci yang digunakan adalah Artikel SEO Friendly, maka permalink yang harus dibuat adalah seperti ini artikel-seo-friendly.

9. Optimasi Deskripsi Penulusuran

Deskripsi penulusuran yaitu sebuah potongan kecil kata pada artikel yang muncul pada mesin pencarian ketika ada seseorang yang menemukan konten milik Anda. Deskripsi bisa diisi menggunakan bagian paling atas artikel, yaitu kata pengantar atau Anda bisa membuatnya sendiri.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Artikel SEO Friendly"