Widget HTML #1

Tips Agar Blog 100% Diterima oleh Google AdSense Indonesia

Apakah Anda memiliki sebuah situs? Dan apakah Anda masih baru dalam dunia internet dan mengalami masalah saat mendaftar Google AdSense? Maka Anda berada ditempat yang tepat, karena artikel ini berisi tentang tips agar situs Anda bisa diterima saat mendaftar di Google Adsense. Untuk bisa diterima, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa situs Anda sudah siap untuk di monetisasi.

Bagaimana cara mengetahui bahwa situs sudah siap untuk di monetisasi? Situs yang sudah siap untuk di monetisasi adalah situs yang sudah memiliki konten dan terdapat navigasi yang jelas. Jika sudah memiliki semua itu, berarti situs Anda sudah siap untuk di daftarkan ke Google AdSense. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar dan tips agar situs bisa langsung diterima AdSesen.

Note: Artikel ini berisikan pengalaman pribadi dan semua hal yang saya lalui untuk menjadi publisher dari Google AdSense. Harap membaca semua artikel ini dari awal sampai akhir, dan semoga bisa pengalaman dan apa yang saya ketahui, bisa membantu teman-teman blogger yang baru memulai usahanya.

Google AdSense

Journey to be Google AdSense Partner

Saya dulu pernah memiliki sebuah blog pada tahun 2017 yang hanya berisikan 1 artikel saja. Saat itu saya tidak serius terjun didunia blogger, dan saya iseng-iseng mencoba mendaftarkan blog tersebut ke Google Adsense dan berhasil diterima. Karena saya tidak ada keinginan untuk menjadi seorang blogger, jadi saya tidak mengisi blog tersebut dengan artikel setelah diterima oleh AdSense.

Pada tahun 2020 bulan 8 tanggal 18, saya mulai berkeinginan untuk serius terjun didunia blogger dengan blog Wondlif: A Wonderful Life Official Website. Saya mencoba mencari tahu bagaimana cara agar bisa di terima oleh Google AdSense. Berbagai cara saya lakukan mulai dari Browsing, YouTube, dan Tanya Teman. Semua yang di infokan sudah saya lakukan dan masih mengalami penolakan.

Sebelumnya blog ini sudah memiliki 30 artikel lebih, dan masih ditolak. Saya mencoba bertanya ke sebuah forum luar negeri, saya mengajukan pertanyaan “Why does my site always experience rejection”. Ada yang menjawab bahwa blog saya memilikk konten yang berkualitas rendah, karena saya bukanlah seorang yang ahli atau memiliki pengalaman tentang isi dari artikel tersebut.

Setelah itu saya menghapus semua artikel yang ada di blog ini dan menulis ulang dari nol. Setelah saat itu Anda bisa melihat sendiri bahwa blog ini hanya memiliki 7 artikel sebelum diterima oleh AdSense. Satu tahun penuh saya mendapatkan penolakan, entah mungkin sudah lebih dari 20 kali saya mengalami yang namanya penolakan dari Google AdSense.

Pada tanggal 10 Oktober 2021, saya mencoba mendaftarkan ulang blog ini dan tiga hari setelah itu, lebih tepatnya tanggal 13 Oktober 2021 pukul 19:36, blog saya telah diterima oleh Google AdSense. Perjuangan saya selama satu tahun penuh telah terbayarkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar dan tips agar situs bisa langsung diterima AdSesen.

Monetization Site

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah, sebelum mendaftar pastikan Anda meluangkan waktu untuk membaca Kebijakan Program dan Persyaratan yang di tetapkan oleh Google. Jika Anda membacanya, itu akan sangat membantu dalam proses kerja sama jika situs milik Anda sudah disetujui.

Langkah kedua yang selanjutnya Anda lakukan adalah, mengetahui tentang tiga alasan penolakan Google AdSense. Situs Anda harus lolos dari tiga hal tersebut untuk bisa diterima, dan berikut adalah tiga hal yang harus Anda ketahui yaitu Low Value Content, Replicate Content dan Deceptive Site Navigation. Tiga hal itu merupakan bagian penting yang harus di atasi situs Anda agar bisa diterima saat mendaftar.
  • Low Value Content
Low Value Content, yang berarti bahwa konten yang ada di situs Anda berkualitas rendah. Perbaiki konten sebelum mendaftarkan ulang situs Anda. Konten yang berkualitas tinggi, adalah isi dari konten tersebut bisa membuat pengunjung bertahan lama di situs Anda untuk membacanya. Untuk mengetahui manakah konten yang memiliki kualitas rendah atau tinggi yang ada di situs, Anda bisa menggunakan bantuan dari Google Search Console untuk menngetahuinya dan memperbaikinya.

Apakah konten beekualitas rendah harus dihapus? Jawabannya adalah tidak, karena konten tersebut bisa Anda perbaiki sehingga kualitas dari konten tersebut bisa meningkat. Google tidak menerima sebuah situs berdasarkan dari berapa jumlah konten didalamnya, tapi karena isi dari konten tersebutlah yang dianggap situs Anda layak untuk menjadi partner dari Google AdSense.
  • Replicate Content
Sebuah konten yang unik sangat disukai oleh Google. Anda harus membuat sebuah Original Content milik Anda sendiri, dan tidak diduplikasi di beberapa halaman yang ada di situs Anda. Pastikan saat peninjauan tidak ada Replicate Content di halaman situs Anda atau di situs lain. Jika Anda memiliki Replicate Content maka situs Anda tidak akan disetujui oleh Google AdSense.
  • Deceptive Site Navigation
Navigasi situs haruslah mudah untuk digunakan oleh pengunjung, sehingga memudahkan mereka untuk menjelajahi dan menemukan apa yang mereka inginkan. Anda bisa mengkategorikan setiap konten untuk memudahkan pengunjung mengakses situs Anda dengan menggunakan Menu Bars, Arsip, Label dan yang lainnya. Pastikan juga bahwa saat peninjauan, setiap situs Anda tidak memiliki Broken Link, karena Google akan menganggap situs Anda memiliki navigasi yang menyesatkan pengunjung.

Connecting Site to AdSense

Saat mengajukan permohonan, Anda akan diminta memasukan kode HTML ke situs. Persyaratan ini untuk menghubungkan situs Anda ke Google AdSense, yang berarti bahwa Anda telah memberikan izin kepada Google untuk meninjau seluruh situs Anda. Peletakan kode harus benar, jika tidak maka Google tidak akan bisa mengakses situs Anda. Berikut cara menempatkan kode pendaftaran dengan benar:
  1. Log In ke blogger.
  2. Klik Tema/Template lalu pilih Edit HTML.
  3. Tempatkan kode di antara tag <head> dan </head>.
Note: Anda bisa menempatkan kode tersebut tepat di bawah kode <head>, yang biasanya berada di kolom nomor 4. Jika Anda menempatkan kode di bawah tag </head> dan bukan di atasnya, jika peletakan kode tidak benar, maka Google tidak akan bisa menemukannya dan peninjauan tidak akan bisa dilakukan. Saat peninjauan, Anda tidak boleh merubah Tata Letak atau Mengedit Tema/Template di situs Anda.

Site Approve

Apa saja yang harus ditambahkan agar situs disetujui? Tidak ada penambahan tertentu agar situs bisa disetujui. Apakah About, Contact, Disclaimer, Privacy Policy, SiteMaps dan Terms & Conditions harus ada supaya bisa disetujui? Jawabannya adalah tidak, semua hal tersebut kecuali SiteMaps tidak ada pengaruh apapun atas diterimanya situs Anda.

SiteMaps hanya perlu Anda kirimkan ke Google Search Console, untuk membantu bot melakukan Crawling diseluruh halaman situs secara efisien. Sedangkan hal-hal tersebut selain SiteMaps, itu hanya di khususkan untuk perlindungan bisnis yang Anda jalankan pada situs.

Tambahan

Jumlah visitor harian tidak memiliki pengaruh atas disetujuinya sebuah situs. Berapapun jumlahnya, jika situs Anda memiliki konten berkualitas tinggi, tanpa ada replika konten didalam situs dan navigasi di situs tidak menyesatkan pengunjung, maka 100% situs akan diterima oleh Google AdSense.

Note: Artikel ini dibuat saat situs ini sudah disetujui oleh Google AdSense, semua informasi di atas dibuat berdasarkan dari pengalaman pribadi dan semua yang saya ketahui. Saya berharap artikel yang saya buat ini bisa membantu Anda yang mengalami masalah saat mengajukan permintaan ke Google AdSense. Jika Anda ada yang ingin ditanyakan tentang artikel ini silahkan hubungi saya di sosmed atau email yang ada di situs ini.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Blog 100% Diterima oleh Google AdSense Indonesia"